Monday, December 13, 2010

BAB I PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Manusia sebagai makhluk sosial pasti melakukan suatu interaksi atau hubungan dengan makhluk lain. Manusia yang hidup berkelompok kemudian dapat disebut dengan masyarakat. Selo Soemardjan menyatakan bahwa masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama, yang menghasilkan kebudayaan. Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan”masyarakat” mencakup unsur-unsur:
1. Manusia yang hidup bersama.
2. Bercampur untuk waktu yang cukup lama.
3. Mereka sadar bahwa mereka merupakan suatu kesatuan.
4. Mereka merupakan suatu sistem hidup bersama => menimbulkan kebudayaan.
Suatu masyarakat mempunyai sistem adaptasi, disamping juga mempunyai pelbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan-kebutuhan itu antara lain:
1. Adanya populasi
2. Informasi
3. Energi
4. Materi
5. Sistem komunikasi
6. Sistem produksi
7. Sistem distribusi
8. Sistem organisasi sosial
9. Sistem pengendalian sosial
Kebutuhan-kebutuhan manusia itu membuat mereka membentuk hubungan-hubungan, baik hubungan kerja sama, asimilasi, ekonomi dan lain-lain. Kegiatan ekonomi, salah satunya transaksi atau perdagangan, membutuhkan interaksi sosial yang melibatkan pembeli, penjual, pasar dan barang yang diperjualbelikan. Pada masa kini, dengan adanya kebutuhan manusia yang semakin mobile, perdagangan tidak hanya dapat dilakukan secara nyata, namun juga melalui dunia maya.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, muncullah ilmu-ilmu, salah satunya teknik informatika. Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah.
Dengan adanya ilmu teknik informatika, manusia dapat melakukan hubungan sosial dengan cara baru, yaitu melalui dunia maya / internet. Hubungan sosial tersebut dapat berupa pembicaraan mengenai hobi / kegiatan favorit, tanya jawab mengenai masalah-masalah ataupun kegiatan perdagangan elektronik atau E-commerce . Kegiatan perdagangan melalui internet ini yang akan dibahas oleh penulis mengenai kaitannya sebagai satu bentuk hubungan sosial yang dilakukan dengan ilmu teknik informatika.

I.2 Batasan Masalah
Masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah kegiatan perdagangan di internet / E-commerce sebagai salah satu hubungan sosial masyarakat dalam ilmu teknik informatika.

I.3 Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui kegiatan perdagangan di internet / E-commerce sebagai salah satu hubungan sosial masyarakat dalam ilmu teknik informatika.

No comments:

Post a Comment