Saturday, October 30, 2010

Tugas ISD


Gunadarma, sebagai salah satu universitas dengan jurusan Teknik Informasi terbaik (kampus saya :), memiliki banyak sekali fasilitas di dunia maya yang dapat diakses dan digunakan oleh para mahasiswanya. Berikut saya akan mencoba mengulas lima fasilitas, yaitu BAAK, COMMUNITY, STUDENTSITE, UG OPENCOURSEWARE, dan WARTAWARGA. Untuk membuatnya lebih terstruktur (hihi, gayaa), saya akan menulisnya secara alfabetis :) dan untuk membuatnya lebih mudah dimengerti, saya akan mencoba menulis berdasarkan pertanyaan yang mungkin timbul di kepala anda.

A: Apa itu BAAK? *tanda tanya besar :-O
B: BAAK (bukan bak mandi, halah :P) adalah akronim dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan. Sesuai dengan namanya, BAAK bertugas mengurus administrasi akademik dan kemahasiswaan. Selain itu, BAAK berperan dalam pengembangan sistem program dan sumber daya biro, pengkoordinasian, pengintegrasian dan pengendalian kualitas pelaksanaan sistem dan program pelayanan. Secara mudahnya, dapat dikatakan, baak.Gunadarma.ac.id adalah layanan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan yang khusus dimiliki oleh Universitas Gunadarma dan diperuntukkan bagi para mahasiswanya.
A: Apa sajakah informasi-informasi penting yang dapat diperoleh melalui BAAK?
B: BAAK Universitas Gunadarma memberikan informasi super penting mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Melalui website ini, para mahasiswa Gunadarma dapat melihat informasi-informasi terbaru mengenai perkuliahan dan hal yang mendukung lainnya. Seperti contohnya:
1. Jadwal Akademik, terdiri dari
  • Perkuliahan PTA 2010/2011: disertai dengan lokasi tempat kuliah, jam perkuliahan, informasi kelas, dan informasi dosen lengkap berikut profilnya.
  • Jadwal UAS ATA 2009/2010 (tahun UAS ATA yang akan berlangsung): berisi informasi tentang UAS yang disertai dengan kode, waktu, jam dan keterangan.
  • Ujian Utama ATA 2009/2010: berisi informasi mengenai ujian utama, yang sudah terbagi sesuai dengan jurusan, dan berikut penjelasan tentang syarat-syarat mengikuti ujiannya.
  • Daftar Ulang: sebagai informasi atau pemberitahuan mengenai waktu, tempat penyelenggaraan, dan syarat-syarat yang harus dilakukan untuk melakukan daftar ulang.
  • Jadwal Pengisian KRS PTA 2010/2011: Berisi informasi tentang syarat-syarat yang harus dilakukan untuk melakukan pengisian KRS.
2. Info Mahasiswa: melalui layanan ini mahasiswa dapat menemukan informasi mengenai jumlah mahasiswa yang ada di kelas yang kita cari, berikut profil mahasiswa yang ada di Gunadarma, lengkap dengan No Pendaftaran, NPM, kelas, dan jurusan (jadi yang hendak  mencari teman, saudara ataupun gebetan dipersilakaan :)
3. Daftar kelas baru PTA 2010/2011: berisi informasi tentang kelas-kelas yang ada di tahun ajaran 2010/2011.
4. Kalender Akademik: berisi informasi tentang susunan acara yang akan dilakukan oleh Universitas Gunadarma disertai dengan tanggal, bulan, dan tahunnya.
5. Pelayanan di Loket BAAK 1-8: ini adalah informasi di jam-jam berapa layanan baak dibuka di Universitas Gunadarma

A: Seperti apakah tampilan BAAK?
B: Mari kita lihat bersama tampilan BAAK berikut ini. 
 
Sebagai pusat informasi, tampilan BAAK dapat dikatakan minimalis, dengan latar warna biru seperti warna almamater dan didominasi warna putih. Tampilan BAAK juga dipenuhi tulisan dengan hanya sedikit gambar yang memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
 
A: Bagaimana kesimpulan atas definisi BAAK?
B: Berdasarkan informasi diatas, dapat dilihat bahwa BAAK merupakan suatu sumber informasi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa demi mengatur perkuliahan, mendapatkan informasi terbaru dan memberikan kritik, saran atau pertanyaan. Sistem BAAK yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja membuat layanan ini sangat mudah dijangkau oleh semua mahasiswa. Satu-satunya keluhan yang dapat ditemukan hanyalah adanya gangguan server yang terjadi apabila website ini diakses bersamaan oleh begitu banyaknya mahasiswa, terutama di awal-awal tahun ajar karena mahasiswa yang sibuk melakukan pendaftaran, mencari informasi, dan lain-lain. Namun, tetap saja BAAK ini merupakan salah satu dari sekian layanan yang sangat berguna dan membanggakan bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.
  
Setelah B, saya akan mengulas fasilitas website Gunadarma yang lain, yang dimulai dengan huruf C :)
A: Apakah itu Community?
B: Bila dilihat dari maknanya yang berarti ‘komunitas’, Community.Gunadarma.ac.id adalah sebuah sarana untuk mahasiswa Gunadarma yang ingin saling berkenalan, melakukan diskusi, ataupun membentuk kelompok /organisasi, baik sesama maupun berbeda angkatan. Mahasiswa dapat membicarakan segala macam topik, baik bidang perkuliahan, pemikiran, maupun kehidupan sehari-hari. Diharapkan dengan adanya website ini, mahasiswa Gunadarma dapat mengakrabkan diri, memperkuat solidaritas dan memperkaya kreativitas.
A: Apa sajakah content dari website Community ini?
B: Wah, banyaak sekali. Mari kita lihat satu-persatu.
  1. Home: ini adalah halaman awal dari Community Gunadarma dimana kita bisa melihat secara selayang pandang mengenai topik-topik terbaru.
  2. Blog: berisi blog-blog dari Mahasiswa Gunadarma yang di share di situs ini dan merupakan ajang bertukar informasi, cerita maupun ilmu pada sesama ;)
  3.  Forum: ini adalah forum-forum tempat berdiskusi Mahasiswa Gunadarma dengan berbagai macam topik yang bisa memberi kita inspirasi ataupun motivasi.
  4. Ug Radio Community: Dengan lokasi 107.7 FM, layanan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang suka dunia bercuap dan mendengar cuap-cuap melalui radio broadcast.
  5. UG'ERS: ini adalah layanan berisikan post-post mahasiswa yang masih aktif kuliah, maupun yang sudah alumni dan masih melanjutkan studi. Disini kita juga bisa promosi diri melalui share foto loh :)
  6. Gallery: inilah layanan untuk menampilkan gambar-gambar yang sudah di-share tadi. Semua gambar dapat dimasukkan selama tidak mengandung unsur RAS, SEKS dan SARA lah ya.
  7. Group: layanan untuk menampilkan grup-grup yang ada di Gunadarma. Ada banyak grup, seperti grup musik, grup puisi, grup game, dan lain-lain.
  8. Music: ini merupakan layanan untuk menampilkan dan memasukkan lagu,nanti lagu2 tersebut akan ditampilkan dalam bentuk list2 yang ada di web ini,lumayan lengkap lah
  9. Video: ini adalah layanan untuk menampilkan dan meng-upload video. Terdapat juga video-video yang ada di televise (hendak menyaingi Youtube lah :D)
  10. Event: untuk mengetahui event-event yang sedang atau akan berlangsung di Universitas Gunadarma.

A: Bagaimana tampilan ­website Community ini?
B: inilah diaa, silahkan dilihat-lihat 

Sebagai website yang dijadikan sarana refreshing mahasiswa,  tampilannya terlihat sederhana, namun isinya luar biasa (haha, lebay XD). Warna-warna lembut yang digunakan memberi efek menyejukkan mata. Dalam website ini juga terdapat banyak hiburan berupa foto-foto, sehingga kita tidak bosan melihat tulisan yang mengingatkan akan tugas kuliah, laporan dan hal kurang mengasyikkan lainnya :P

 Setelah C, kita akan loncat ke abjad S (huuup). Ini lah website fasilitas dari Gunadarma untuk mahasiswanya.

studentsite.gunadarma.ac.id 


A: Apakah Studentsite itu?
B: Studentsite merupakan layanan yang diperuntukkan bagi mahasiswa Gunadarma secara personal. Setiap mahasiswa akan memiliki satu account dengan identitasnya seperti nama, NPM, kelas, jurusan, dan lain-lain. Untuk mendapatkan account setiap mahasiswa harus melakukan aktivasi terlebih dahulu dan kemudian log in setiap kali hendak masuk ke studentsitenya. Aktivasi terbilang mudah karena adanya tutorial yang dapat segera diikuti.
A: Apa saja yang dapat diakses setelah mempunyai account studentsite?
B: Setelah terdaftar di studentsite, mahasiswa akan mendapatkan akses ke berbagai layanan seperti:
  • General Menu: ini adalah layanan studentsite personal mahasiswa. Disini, mahasiswa dapat mempersonalisasi studentsitenya dengan membuat atau mengganti password atas accountnya.
  • BAAK NEWS:berisi informasi tentang BAAK saat ini (bisa dibilang baak dan studentsite saling berkoordinasi lewat layanan ini)
  • Kalender Akademik: layanan ini sama dengan yang terdapat di BAAK. Adanya Kalender Akademik di BAAK dan studentsite ini diharapkan membuat mahasiswa semakin alert dengan jadwal-jadwal penting yang menyangkut dengan kegiatan perkuliahan.
  • Menu layanan studentsite: ini adalah layanan-layanan yang ada di studentsite yang digunakan sebagai sarana informasi bagi pengguna, antara lain:
  1. WWE News: berita yang berupa dalam world wide web.
  2. BAAK News: sama seperti yang saya sebutkan diatas.
  3. Lecture Message: ini adalah layanan bagi para mahasiswa Gunadarma untuk melihat tugas-tugas atau informasi dari para dosen.
  4. Rangkuman Nilai: ini adalah layanan untuk melihat hasil kerja mahasiswa sesuai dengan semester atau tahun ajaran yang bersangkutan.
  5. Jadwal Kuliah: ini adalah layanan untuk memberitahukan jadwal kuliah user studentsite itu sendiri, berupa informasi mata kuliah, waktu perkuliahan, dosen yang mengajar, dan lokasi tempat perkuliahan.
  6. Jadwal Ujian: Berisi informasi untuk mengetahui kapan dilaksanakannya ujian untuk user studentsite itu.
  7. Tugas: layanan untuk memasukkan tugas yang telah kita buat (biasanya berupa tugas dari dosen softskill)
  8. Info Absensi: layanan ini untuk memberitahu tentang absen mahasiswa.
  9. Surat Keterangan: layanan untuk menyampaikan keterangan jika user sakit, atau berhalangan, pindah universitas, cuti kuliah, dan sebagainya yang bisa dilakukan secara online
  10. Info Seminar: sebagai layanan untuk memberitahu kapan dan dimana seminar diadakan. Seminar ini berguna untuk menambah nilai user studentsite itu tersendiri.
  11. Bebas Perpustakaan: ini adalah layanan yang berhubungan dengan perpustakaan Gunadarma. Website perpustakaan Gunadarma sendiri bisa dibuka di library.Gunadarma.ac.id
  12. Tulisan: jika anda suka membuat tulisan namun tidak konsisten menulis blog, tidak perlu ragu untuk memasukkan karya anda disini agar dapat dilihat orang lain dan mendapatkan apresiasi.
  13. Wartawarga: merupakan layanan yang berisi tulisan-tulisan jurnalistik dari anak Gunadarma tentang banyak hal.
  14. Pendaftaran lomba blog: bagi yang suka menulis di blog atau blogger, dipersilakan mengikuti kompetisi penulisan blog disini.
  15. Blog komunitas perbankan: ini adalah layanan blog yang dikhususkan untuk mahasiswa jurusan perbankan
  16. Blog komunitas linux: ini adalah layanan blog yang dikhususkan bagi pencinta Linux.
  17. Blog komunitas fotografi: ini adalah layanan blog yang dikhususkan bagi pencinta fotografi.
A: Bagaimana tampilan studentsite itu?
B: Mari kita lihat bersama tampilan halaman awal studentsite.

Dalam homepage ini, dapat terlihat beberapa informasi antara lain:
  • Berita studentsite: ini adalah sarana untuk mengetahui berita-berita terbaru di studentsite kita.
  • Aktivasi: ini adalah langkah yang harus dilakukan mendaftarkan studentsite kita ketika pertama kali hendak mendapatkan account, lengkap dengan tutorialnya.
  • Kontak: Jika anda ingin mengontak admin anda dapat mengisi form lewat layanan ini.
  • FAQ (frequently asked question) :  ini adalah daftar pertanyaan yang sering muncul atas layanan studentsite ini.
  • Help: ini adalah layanan yang bisa dibilang sebagai sarana pertolongan jika kita kesulitan dalam menggunakan studentsite

kemudian saya akan menjelaskan tentang layanan UG OpenCourseWare
ocw.gunadarma.ac.id/course


A: Apakah UG OpenCourseWare? *mikir keras, maklum awam :S
B: UG OpenCourseWare (UG OCW) adalah publikasi bebas berbasis web dari bahan-bahan kuliah Universitas Gunadarma yang mencakup hampir semua mata pelajaran sarjana dan pascasarjana. Dalam hal ini OCW bukanlah kegiatan perkuliahan. Dengan mempelajari bahan-bahan yang terdapat di situs UG OCW kita tidak akan mendapatkan nilai ataupun sertifikat kelulusan. Situs ini hanya merupakan pembantu bagi mereka yang hendak mendapatkan bahan tambahan bagi kegiatan perkuliahannya.
A: Bagaimana untuk mendapatkan layanan UG OCW?
B: Ketika kita membuka layanan ini, tidak ada proses pendaftaran atau sign up karena OCW bukan suatu situs yang dapat dipersonalisasi. Namun, bagi yang tertarik dengan layanan ini, harus proaktif dalam mencari bahan dan mengaplikasikannya sesuai kebutuhan perkuliahannya karena banyak bahan yang dapat diperoleh. Kita dapat mencari suatu program dari departemen tertentu atau menggunakan pencarian lanjutan untuk menemukan program studi atau topik tertentu.
A: Bagaimanakah tampilan dari UG OCW?
B: A: Bagaimanakah tampilan Berikut adalah tampilan dari OCW


Warna-warna yang banyak digunakan lagi-lagi adalah biru dan putih lembut dan kali ini penuh dengan tulisan / tanpa gambar. Namun, hal ini memang sengaja ditujukan bagi para pencari data-data tulisan.


selanjutnya saya akan membahas tentang wartawarga


A: Apa itu Wartawarga (apakah sama dengan Rukun Warga? Wkwk :P)
B: (Tentu saja tidak sama, ahah) Wartawarga adalah wadah tulisan jurnalistik karya mahasiswa Gunadarma yang dipublikasikan melalui website. Dengan kata lain, Wartawarga merupakan Koran online khusus publik Gunadarma. Banyak informasi yang dapat kita peroleh dari sini, walaupun tidak selengkap website Community sendiri. Namun, Wartawarga sendiri dimaksudkan bagi para mahasiswa yang mungkin memiliki cita-cita sebagai jurnalis muda.

A: Apa sajakah content dalam Wartawarga?
B: Berikut content dari website ini:
  • Berita Studentsite: sama dengan berita yang ada di studentsite.
  • Kategori: ini adalah pengelompokkan artikel berdasarkan kategori dari semua arsip-arsip yang ada di wartawarga.gunadarma.ac.id dalam folder-folder untuk memudahkan pengguna melihat-lihat.
  • Recent Kategori: ini adalah tempat pencarian sebuah artikel berdasarkan kategori diatas
  • Comment: Tidak hanya Facebook atau Kaskus yang bisa kita masukkan comment, di Wartawarga, para pengunjung juga bisa meninggalkan pendapatnya.
  • Cerita pendek/cerpen: bagian ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang berbakat menjadi penulis cerita, maupun pembaca setia cerita pendek.
A: Seperti apakah tampilan Wartawarga tersebut?
B: Inilah tampilannya. Lagi-lagi berwarna senada dengan website-website sebelumnya, yaitu biru putih, dengan porsi tulisan dan gambar yang seimbang, membuat yang membacanya nyaman dan tidak bosan.


No comments:

Post a Comment